Kisah akhir di SBM with Creativity and Innovation Class

Ini adalah artikel saya yang terakhir untuk kelas Creativity and Innovation, untuk itu saya akan persembahkan yang terbaik yang bisa saya berikan. Bismillah.

oke, saya akan mulai dengan menjelaskan isi blog saya satu persatu karna ini bermanfaat sekali bagi saya dan juga untuk para pembaca.

  1. Tugas pertama yaitu Interpretasi nama saya dimana nama saya adalah doa yang orang tua saya persembahkan untuk saya. Nama Rionaldo Putra yang merupakan gabungan beberapa huruf ini adalah harapan dan cita-cita dari orang tua saya terhadap saya sebagai anaknya dan saya selalu ingin membuat bangga mereka karena saya selalu bersyukur.
  2. Artikel kedua saya mengenai senjata yang paling berbahaya di dunia. Ini adalah sebuah bentuk dari kekreatifan yang telah dilatih dalam kelas CI. Saya berimajinasi untuk memikirkan alat apa yang paling menakutkan di dunia ini. waw sudah keliatan yaaa kekreatifannya (salam kreatif!)
  3. Nah artikel yang ketiga ini saya sudah menjelaskan perbedaan kreatif dan inovatif. Definisi singkatnya yaittu, untuk kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang. Sedangkan Inovatif adalahkemampuan untuk menererapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang
  4. Pada artikel ke 4 saya menjelaskan apa yang menjadi inovation terpenting dalam diri saya. Sebenarnya inovasi yang super menurut saya adalah diri kita dengan otak, tubuh, dan kecerdasan-kecerdasan lainnya karenaaaaa dengan otak kiri dan kanan, kita dapat berfikir secara logis dan sangat kreatif. Tubuh yang sehat juga jelas memberikan andil dalam banyak hal.
  5. Tugas ke 5 saya adalah saya mencoba menjelas apa inovasi dari google. Kenapa perusahaan itu bisa terus maju. Disini saya menjelaskan bahwa ada inovasi teknologi yang dimiliki oleh google, tetapi tidak itu saja. Hal lain yaitu inovasi proses google, inovasi produk google, dan juga inovasi bisnis model google yang paling keeereen bro.
  6. Yang ke6 saya menjelaskan tentang design tkinking. Design Thinking adalah suatu pemikiran  yang dipakai oleh banyak orang kaya. Mereka berusaha melawan asumsi-asumsi yang dibuat oleh diri mereka sendiri yang membatasi diri mereka.
  7. Hal yang difokuskan dalam artikel yang ke7 saya adalah mengenai mimpi. Mimpi memberikan kekuatan dalam diri setiap orang yang ingin berkembang karena mimpi membawa aura-aura positif dan memotivasinya. Salah satu contoh dari hukum alam adalah hukum ketertarikan, dimana apabila kita mempunya suatu pikiran maka pikiran itu akan menjadi kenyataan.
  8. Tugas ke8 saya dalam kelas CI adalah membuat bisnis model dari acara televisi dengan konsep pengembangan anak-anak. Model bisnis adalah penggambaran dari nilai organisasi yang ditawarkan kepada berbagai jenis konsumen. Model bisnis juga menggambarkan kemampuan dan mitra yang dibutuhkan dalam proses pembuatan, pemasaran, dan pemberian modal yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan sinergi yang didapat dari selisih antara pendapatan dan biaya-biaya.
  9. Tugas ke 9 saya mengenai menulis di internet. updates blog saya kali ini akan menjelaskan pengalaman saya dalam menulis di Internet, atau lebih tepatnya di blog. Intinya, apabila kita telah memulai dan memiliki pengalaman maka semua akan terlihat sangat mudah. Jadi mulailah. Lakukanlah hal positive!
  10. Artikel ke 10 ini adalah artikel untuk UAS saya di kelas CI semester 8 pada bulan mai 2011. Disini saya menceritakan bahawa produk Indonesia dapat Go International. Dengan berbagai argumen yang salah satunya adalah bisnis model dari produk tersebut saya menjelaskan bahwa kita mampu, khususnya perusahaan Kulkith yang memiliki fokus produk yaitu sepatu batik.
  11. Nah artikel yang anda baca ini adalah artikel yang ke sebelas tentang summary to all the important points that I have obtained during this course. Secara tugas saya sudah menjelaskannya diatas dan anda bisa membaca artikel-artikel tersebut, dibawah ini.
Secara keseluruhan yang saya pelajari di mata kuliah ini adalah bagaimana berpikir dan menyalurkan pikiran kita yang kreatif dalam inovasi-inovasi. Kelas ini melatih mahasiswanya untuk dapat menjadi para pengusaha kreatif dan inovasi dengan membuka pikiran para mahasiswanya.
Saya pribadi merasa senang dengan adanya kelas ini, karena kelas ini bisa menghibur saya dengan lawakan-lawakan Pak Apic dan Ka Bayu, selain memang materi yang diberikan  sangat bermakna bagi saya. Jadi di kelas ini kedua otak saya, yaitu kiri dan kanan dilatih sebagaimana telah dijelaskan dalam design thinking.

Sekarang saya berani menulis dan mengungkapkan kreativitas yang muncul di otak saya ke dalam tulisan tanpa harus takut dengan paradigm-paradigma yang membatasi diri saya sendiri. Mungkin tidak hanya menulis tapi juga dalam berbagai hal, misalnya mengungkapkan pendapat, menjadi pemimpin dan lain-lain

Dengan mengikuti kuliah ini saya merasa terlatih untuk menyelesaikan masalah dgn out of the box. Dimana saya tidak hanya melihat masalah yang sudah terkotak-kotakan, tetapi saya dituntut untuk melihat masalah dari berbagai bidang.

Dengan video-video dan materi dari Pak AgusNgger, saya menjadi lebih berani bermimpi dan merealisasikan mimpi saya tersebut dalam goal-goal. Salah satu contoh videonya yaitu DoCoMo. Dari contoh video2 ini kita bisa ngeliat bagaimana orang-orang inovatif bermimpi dan mencoba mewujudkan sesuatu untuk menjadi kenyataan.

Hal lain yaitu tentunya setelah berani berfikir kreatif, saya diajarkan untuk berinovasi. Dengan inovasi level paling tinggi yaitu inovasi model bisnis, yaitu bagaimana bisa menjual produk. Saya belajar dari bisnis model perusahaan-perusahaan yang menjadi perusahaan terinovatif. Selain itu saya juga belajar dari pengalaman-pengalaman guest lecture yang tentu saja membuka paradigma saya.

Jadi saya berterima kasih banyak kepada para yang membantu saya dalam menjadikan saya lebih kreatif dan inovatif, kususnya untuk kelas Creativity and Innovation. Pak Dosen yaitu pak Agus Nggermanto dan juga Ka bayu selaku tutor, serta teman-teman sekelompok saya, Livia, Firaldi, dan Rhara, serta teman-teman lain dikelas CI. Terima kasih sekali. 😀

  1. interesting .
    bisa bagi-bagi info tentang sbm itb dong ?
    he

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

