Blogging (menulis di Internet)

Assalamualaikum,

Halloooo, updates blog saya kali ini akan menjelaskan pengalaman saya dalam menulis di Internet, atau lebih tepatnya di blog. Setiap yang kita lakukan pasti tidak selalu bagus dan tidak semuanya salah, jadi memang terdapat pro dan kontra dalam setiap hal yang kita lakukan, dimana pengalaman saya ini mempunyai keluh kesah dan manfaatnya tersendiri, tergantung dari perspektif apa dilihatnya. Padahal kita kadang kala menjugde bahwa apa yang kita lakukan adalah yang terbaik. It is grey area.

Nah, bagaimana saya bisa menulis hingga bisa secepeat dan sebagus sekarang (jika dibandingkan dengan pengalaman menulis dahulu) itu adalah sebuah hasil dari proses yang tidak bisa langsung. Bila saya umpamakan maka, tidak ada jalan pintas yang ada hanyalah jalan tol. Di dalam jalan tol tersebut maka kita harus memacu kendaraan kita dengan cepat. It means kita harus perbanyak pengalaman disuatu bidang tersebut.

Pada awalnya, menulis bagi saya adalah hal yang susah, karena saya adalah orang yang jarang menulis karna memang saya tidak suka menulis, tetapi ketika saya sudah memulainya, which is menulis di blog, saya bisa tersenyum,dan bercerita kepada teman-teman dan keluarga saya, kalau saya telah membuat blog karya saya sendiri, berdasarkan ilmu yang saya miliki. Itu adalah suatu kebanggan. Terima kasih kepada Pak Anger dan Ka bayu yang telah memotivasi saya dengan tugas di kelas CI ini, tapi saya sekarang menjadi terbiasa menulis di blog dan saya menyukainya.

Jadi point penting yang dapat diambil yaitu :

  • Jangan takut untuk menulis, asalan : tidak ada larangan untuk menulis.
  • Jangan takut tulisan kita dianggap jelek, alasan : persepsi orang berbeda-beda, tergantung orang melihatnya.
  • Timbulkan confidence bahwa kita bisa, alasan : bagaimana kita meyakinkan seseorang kalau kita sendiri tidak PD?
  • Perbanyak bacaan dan sumber informasi, alasan : seorang penulis harus memiliki wawasan agar tulisannya menarik.
  • Mulai menulis
  • Mulai menulis
  • Mulai menulis , alasan :  saya tulis “mulai menulis” hingga 3 kali, karena sebenarnya apa bila kita sudah memulai menulis, maka semuanya akan tampak mudah. Jangan terlalu banyak berfikir, tp just do it! dan belajar dari kesalahan tulisan-tulisan kita tersebut sehingga menghasilkan tulisan yang bagus.
  • Menulis dengan sesuka hati, alasan : saat tanpa beban maka tulisan kita akan mengalir dan menghasilkan ide yang sangat bagus.
  • Kuasai sarana penulisan, alasan :  dengan kta mengetahui fiture-fiture apa saja yang ada, tulisan kita akan lebih menarik, misalnya dengan theme yang cocok, foto dan vidio yang bisa di download di google dan di youtube, atau pun tambahkan dengan gambar kita.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

