Kreativitas dan Innovasi sama atau tidak?

Banyak yang mengira kreativitas adalah inovasi, keduanya adalah sama. Hal itu memang mirip, tapi sebenarnya tidak sama. Mengapa? Karena menurut Ir. Budi Sumartono M. Si, seorang dosen  di Jakarta, Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang. orang yang berfikir secara kreatif, adalah orang-orang yang memandang suatu masalah dengan kacamata yang berbeda dari biasanya. Dalam mencapai kata kreatif kita tidak dapat hanya berdiam diri, berharap akan ada wahyu dari Tuhan atau bersemedi. Melainkan harus melalui kolaborasi beberapa ide.  Jadi kita harus memiliki suatu komunitas atau asosiasi(hubungan) dakam hal mencari ide, saling memberi masukan dan membantu.  Contonya adalah dalam artikel ini, oleh karenaaa itu comment yaah :p

Sedangkan, Inovasi adalahkemampuan untuk menererapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang. orang-orang yang inovatif adalah orang yang menyelesaikan masalah dengan cara yang berbeda, dengan hasil yang memuaskan, yaitu efisien dan efektif. Jadi menurut saya, kreativitas yang tidak di imbangi dengan inovasi adalah sia-sia, karena ia tidak diterapkan atau di aplikasikan yang dapat bersifat profit atau non profit.

Oleh karena itu, mata kuliah yang saya ambil di Institut Teknologi Bandung jurusan Bisnis dan Manajemen (SBM-ITB) bernama Kreativitas dan Inovasi, bukan hanya kreatif  atau inovasi. Dimana karakter kreatif dan inovasi harus dimiliki oleh para businessman atau businesswoman masa depan.

Walaupun Kreatif dan Inovatif berbeda, keduanya memiliki beberapa kesamaan, yaitu cara berfikir yang dipakai adalah cara berfikir yang berbeda dari biasanya yang tidak dilakukan oleh banyak orang. Hasil dari kreativitas dan inovasi adalah hal yang baru, karena penemunya menggunakan cara berfikir yang berbeda dengan orang lain atau menggabungkan beberapa hal sehingga tecipta hal baru. Kriteria orang kreatif dan inovatif juga sama, yaitu :
a) Tidak capai dalam mengejar tujuannya
b) Cerdas tapi kadang-kadang Naif
c) Senang bermain
d) Imaginasi dan Fantasi tapi berakar dari kenyataan
e) Rendah hati  tapi sombong, sesuai dengan tempat
f) Sering memberontak dan melanggar aturan
g) Bersemangat dalam bekerja karena mencintai pekerjan tersebut
h) Sensitif, bisa menikmati atau meraskan sakit (hal yang masih kurang dan bisa di tambahkan)

Advertisements
    • Dinzar
    • February 27th, 2011

    Kalo menurut gw, kreativitas itu penting buat mencapai suatu inovasi, karena dengan kreativitas kita bisa menghasilkan inovasi yang mungkin menguntungkan atau gak, kreatif itu adalah proses dan inovasi adalah hasilnya.
    Seseorang dgn kreativitasnya Akan selalu berpikir untuk menciptakan sebuah inovasi, Yaitu suatu hal yg baru.. Baik yg benar2 baru, maupun hal lama yang diperbarui!
    so I think creativity and innovation are different but interconnected with each other.. ^^

  1. iyaaa, kita membutuhkan keduanyaa, terima kasih yaa dinzar commentnya bagus banget 🙂

    • Dinzar
    • February 27th, 2011

    Terima kasih kembali, i see ur post in my facebook so i try to write a comment 😀
    Sukses…!

  2. waaaw, facebook bekerja sekali yaaa untuk promosi heheheh
    nice-nice

    Salam kreatif !

    • fitria
    • February 28th, 2011

    be creative to create innovation !

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: